Kisah Cerita Islami: Teladan Islam

Menafkahi Orang Tua (9)

Ketika orang tua Anda masih mudah dan kuat, merekalah yang mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Kedua orang tua kita bekerja banting tulang, tidak mengenal lelah untuk anak-anaknya. Tetapi, ketika mereka sudah berusia lanjut, mereka sudah  tidak kuat lagi bekerja, karena kondisi tubuhnya sangat lemah…

Sebagai anak yang berbakti kepada orang tuanya, maka kitalah yang harus menggantikannya dalam bekerja, mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan mereka. Karena kita dulu dibesarkan dengan keringat dan kecil, merekalah yang mencari nafkah untuk kita, kini mereka sebagai balasannya walaupun mereka sebenarnya tidak meminta balasan apapun dari anak-anaknya.

Memberi nafkah kepada orang tua merupakan perbuatan yang lebih utama dijalan Allah. Hal ini telah disebutkan dalam hadits di bawah ini.

Nabi Muhammad SAW bersabda kepada para sahabat : “Apakah kamu mengetahui nafkah yang lebih utama di jalan Allah SWT? Mereka menjawab : “Allah dan RasulNyalah yang lebih mengetahui. Kemudian beliau bersabda : “Nafkah seorang anak kepada orang tuanya adalah lebih utama.”

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi yang bersumber dari Abu darda’ ra. Disebutkan bahwa Umar berkata : “Kami berjalan bersama Nabi Muhammad SAW disebuah gunung hingga sampai di suatu lembah. Disana aku melihat seorang pemuda dan aku mengagumi kepemudaanya. Aku bertanya : “Wahai Rasulullah, pemuda manakah dia? Sungguh lebih baik bila kepemudaanya digunakan untuk berjuang di jalan Allah.” Nabi Muhammad SAW bersabda : “Wahai Umar, mungkin dia sedang di jalan Allah, tetapi kamu tidak mengerti.”

Kemudian Nabi Muhammad SAW mendatangi pemuda tersebut, lalu berkata : “Wahai pemuda! Apakah kamu mempunyai seorang yang kamu bertanggung jawab atas nafkahnya?” Pemuda itu menjawab : “Ibuku.” Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tetapilah ibumu!. Sesungguhnya disisi kedua kakaknya terdapat surga.” Dan beliau juga bersabda : “Barang siapa yang berusaha (untuk memenuhi kebutuhan) ibunya agar tidak memerlukan bantuan orang lain lalu meninggal dunia, maka mati adalah syahid.”

Imam Baihaqi juga meriwayatkan hadits yang lain yang bersumber dari ibnu Umar. Disebutkan bahwa ada seseorang yang tubuhnya kurus kebetulan lewat di depan majelis Nabi Muhammad SAW. Melihat hal tersebut, hadirin berkata : “Seandainya tubuhnya kurus karena digunakan untuk berjihad.”

Mendengar hal itu, Nabi Muhammad SAW berkata : “Mungkin ia bersusah payah untuk orang tuanya (karena jerih payahnya dalam mencari nafkah untuk mencukupi keperluan orang tuanya sehinggu tubuhnya menjadi kurus). Jika demikian, maka itu adalah berjihad di jalan Allah.”

Kemudian beliau bersabda : “Mungkin ia bekerja keras untuk dirinya sendiri agar tidak bergantung pada orang lain. Jika demikian, maka ia juga termasuk jihad di jalan Allah.”

Tags : cerita
kisah islami
kisah
islam
sejarah
nabi muhammad
cerita
cerita nyata
cerita
islam
kisah
islami
kisah
cerita islam
cerita
islami
kisah
mengharukan cinta
teladan
islam
kisah
nyata islami
kisah
inspiratif islami
kisah
inspirasi islami
kisah
teladan islam
kisah
hikmah islami
cerita
nabi
kisah
kisah islami
kisah
anak islami
cerita
cerita nabi
cerita
kisah nabi
cerita
sejarah nabi
teladan
islam
kisah
teladan
kisah
islam
kata
kata mutiara
kata
mutiara mutiara

hanya keranaNya

Sesungguhnya kemuliaan ialah hak bagi kedua-dua orang yang berkasih sayang kerana Allah S.W.T. Dimana pada hari tersebut (kiamat) Allah Taala Rabbul Izzah menyeru mereka dan mempersilakan mereka untuk menerima anugerah yang paling tinggi, iaitu pada hari berhimpunnya...

Akhirul Kalam: Wanita-wanita Perindu Syurga

Setiap insan tentunya mendambakan kenikmatan yang paling tinggi dan abadi. Kenikmatan itu adalah Syurga. Dalam Al Qur'an banyak sekali ayat-ayat yang menggambarkan kenikmatan-kenikmatan Syurga."(Apakah) perumpamaan (penghuni) Syurga yang dijanjikan kepada orang-orang...

hati terjauhlah dari korban dunia

Sesekali hati mengeluh dengan kesusahan dan kepayahan hidup. Terasa pedih dan rapuh, sakitnya seperti tiada hati lain yang mampu mengerti. Namun tidak tersedarkah hati itu adalah ujian dari Tuhannya? Kepayahan itu sesungguhnya adalah bentuk tarbiyahNya kepada hati....

tafsir talqin

Peringatan Untuk Yang HidupMahasuci Tuhan yang Engkau bersifat dengan Baqa' dan Qidam, Tuhan yang berkuasa mematikan sekalian yang bernyawa, Mahasuci Tuhan yang menjadikan mati dan hidup untuk menguji siapa yang baik dan siapa yang kecewa.Mahasuci Tuhan yang...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.