Doa Pernikahan untuk Pengantin Baru | Bahasa Arab dan Artinya

Doa pernikahan untuk pengantin baru – Saat mendatangi pesta pernikahan (walimatul ursy) keluarga atau sahabat kita, jangan lupa untuk mengucapkan selamat dan mendoakannya. Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan doa untuk pengantin baru yang bisa kita ucapkan saat datang ke acara perkawinan dan ketika bertemu kedua mempelai. Ini adalah paling utama dan sebaik baik doa karena diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW.

Doa pernikahan ini pun relatif pendek dan mudah dihafal. Membaca doa pernikahan ini cukup penting untuk mendoakan kedua mempelai agar keduanya mampu membentuk rumah tangga penuh keberkahan dan mendapat ridho Allah SWT. Dimana ‘sakinah’ (ketentraman jiwa), ‘mawaddah’ (rasa cinta), ‘warahmah’ (kasih sayang) hadir di dalam sebuah rumah tangga. 

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran yang berbunyi:

“Dan, di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, diciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu mendapat ketenangan hati dan dijadikan-Nya kasih sayang di antara kamu. Sesungguhnya yang demikian menjadi tanda-tanda kebesaran-Nya bagi orang-orang yang berpikir,” (Q.S. Ar-Ruum: 21).

Sebenarnya semuanya itu sudah tercakup dalam ucapan doa pernikahan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Disitu kita memohon keberkahan untuk sang pengantin, berkah dalam segala halnya sehingga doa ini sudah mencakup semuanya termasuk ucapan selamat dan doa. Inilah yang sebenarnya dianjurkan dan disunnahkan untuk diucapkan kepada mereka yang menikah baik pengantin pria ataupun wanitanya. 

Berikut ini akan ditampilkan kumpulan doa pernikahan untuk pengantin baru dalam lafadz bahasa Arab serta arti dan terjemahan Indonesianya seperti yang tercantum dalam hadits Rasulullah SAW.

Doa Untuk Pengantin Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَفَّأَ الْإِنْسَانَ إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي الْخَيْرِ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَقِيلِ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Telah menceritakan kepada kami [Qutaibah], telah menceritakan kepada kami [Abdul Aziz bin Muhammad] dari [Suhail bin Abu Shalih] dari [Bapaknya] dari [Abu Hurairah] bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mendo’akan orang yang baru menikah beliau membaca: “BARAKALLAH LAKA WA BARAKA ‘ALAIKA WA JAMA’A BAINAKUMA FI KHAIR (semoga Allah memberi berkah kepadamu dan keberkahan atas pernikahan kamu, dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan).” (Abu Isa At Tirmidzi) berkata; “Hadits semakna diriwayatkan dari ‘Aqil bin Abu Thalib.” Abu Isa berkata; “Hadits Abu Hurairah merupakan hadits hasan sahih.

Dengan berdasar pada sabda Nabi Muhammad SAW seperti yang tertera pada hadits di atas, maka bacaan doa untuk pengantin adalah sebagai berikut :

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

“Barakallahu laka wa baraka ‘alaik, wa jama’a bainakuma fi khair”

Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibn Majjah)

Doa yang lainnya sebagai ucapan yang biasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan kepada seorang mempelai yaitu sebagai berikut:

“Baarakallahu laka wa baarakaa ‘alaiyka wa jama’a baiynakumaa fii khoir”. Doa ini berdasarkan dari hadits shahih yang telah diriwayatkan Abu Hurairah.

Dari Abu hurairah, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika mengucapkan selamat kepada seorang mempelai, beliau mengucapkan doa :

Baarakallahu laka wabaraka ‘alaiyka wa jama’a baiynakuma fii khoir

Mudah-mudahan Allah mencurahkan keberkahan atasmu dan mudah-mudahan Dia mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan. (Hadits Shahih Riwayat Ahmad, Tirmidzi, Darimi 2:134, Hakim, Ibnu Majah dan Baihaqi).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan ucapan doa kebaikan kepada Abdurrahman bin Auf ketika beliau diberitahukan mengenai pernikahan yang dilakukan oleh Abdurrahman bin Auf dengan ucapan pernikahan Baarakallahu laka (Semoga Allah memberikan keberkahan).

Nah itulah kumpulan doa pernikahan untuk pengantin baru dalam bahasa Arab, latin dan artinya bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan kita berharap dengan doa tersebut maka rumah tangga sang pengantin menjadi sakinah, mawadah, warohmah. Wallahu a’lam.

hanya keranaNya

Sesungguhnya kemuliaan ialah hak bagi kedua-dua orang yang berkasih sayang kerana Allah S.W.T. Dimana pada hari tersebut (kiamat) Allah Taala Rabbul Izzah menyeru mereka dan mempersilakan mereka untuk menerima anugerah yang paling tinggi, iaitu pada hari berhimpunnya...

Akhirul Kalam: Wanita-wanita Perindu Syurga

Setiap insan tentunya mendambakan kenikmatan yang paling tinggi dan abadi. Kenikmatan itu adalah Syurga. Dalam Al Qur'an banyak sekali ayat-ayat yang menggambarkan kenikmatan-kenikmatan Syurga."(Apakah) perumpamaan (penghuni) Syurga yang dijanjikan kepada orang-orang...

hati terjauhlah dari korban dunia

Sesekali hati mengeluh dengan kesusahan dan kepayahan hidup. Terasa pedih dan rapuh, sakitnya seperti tiada hati lain yang mampu mengerti. Namun tidak tersedarkah hati itu adalah ujian dari Tuhannya? Kepayahan itu sesungguhnya adalah bentuk tarbiyahNya kepada hati....

tafsir talqin

Peringatan Untuk Yang HidupMahasuci Tuhan yang Engkau bersifat dengan Baqa' dan Qidam, Tuhan yang berkuasa mematikan sekalian yang bernyawa, Mahasuci Tuhan yang menjadikan mati dan hidup untuk menguji siapa yang baik dan siapa yang kecewa.Mahasuci Tuhan yang...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.